Wednesday, August 12, 2015

Short Story - Hay

Hay


Entah apa yang ada di pikiran gue sekarang. Yang pasti gue lagi kesepian. Kata cowo selalu bersarang di otak gue. Peluru yang tajem banget yang bersarang di otak gue. Gue kepikiran segala perjuangan cinta gue ke cowo. Gue udah taruh mereka di hati gue dan dengan mudahnya mereka bunuh gue dengan cara mereka masing-masing.

Orang-orang bilang gue cuma terobsesi, tapi nggak juga. Gue emang ngerasa sesuatu. Kesepian. Kesepian yang nggak biasa, yang nyokap apa bokap gue pun nggak bisa ngilangin. Gue juga iri sama temen-temen gue yang punya pacar, temen cowo, dan mereka bahagia.


Kali ini gue harus berubah, gue harus dapet cowo. Harus dapet! Gue butuh selayaknya gue butuh air karena gue haus banget sekarang.

Sampai suatu saat gue ketemu Rio, cowo keren nan eksis di sekolah dengan tinggi yang menjulang dan suara menawan. Awalnya sih gue cuma deketin dia karena ada urusan sekolah aja, cuma urusan kelompok belajar. Tapi lama-kelamaan kita jadi makin deket dan deket. Gue dan dia udah nggak sungkan lagi buat pegangan tangan, gandengan dan ketawa bareng. Mungkin semua ini cuma rasa kegeeran gue karena gue belum pernah kayak gini sama cowo. Tapi nggak tahu ah! Gue nggak peduli! Ini nggak biasa. Pokoknya amat sangat nggak biasa.

Hingga sampai suatu hari waktu gue duduk di lorong sekolah gue denger,

"Hay."

Seseorang nyapa gue dengan 'hay' yang asing. Itu suara cowo yang belum pernah gue denger selama bersekolah disini. Walaupun gue jarang berinteraksi sama cowo, gue hafal bener suara cowo yang tahu siapa gue sama cowo yang pernah gue temui dan nyapa gue. Yang satu ini asing banget apalagi saat gue nengok dia sudah jauh ngelewatin gue.

Dari belakang, gue bisa lihat tampak belakang cowo itu. Tingginya sedang dan cukup kurus dengan rambut yang ikal. Dan yang gue lihat jelas selain tasnya yang item, gue juga lihat jaketnya yang kotak-kotak kecil coklat-krem ber-jumper. Cowo itu terlihat aneh nan asing bagi gue.

"Hey! Siapa?" Gue pun berteriak tapi dia nggak jawab dan terus berjalan. Sekarang gue bingung, sebenernya dia nyapa gue apa enggak.

Suara itu udah bikin gue terfokus pada satu hal yang sebenernya nggak penting. Tapi kayaknya gue bakal lakuin apa aja biar dapet informasi tentang dia.

"Hay."

Suara itu bergaung lagi dan lagi di telinga gue. Suara serak yang malu-malu itu bener-bener bikin gue makin kepo dan bego.

ooo

Hari Minggu Rio ngajakin gue makan siang di cafenya. Gue malah nggak fokus sama acara ini. Seharusnya gue seneng dong kalo diajakin Rio. Seorang cowo yang pertama kali bisa deket sama gue.

Bukannya seneng-seneng sama Rio, gue malah tanya-tanya tentang cowo misterius yang kemaren nyapa gue. Gue ngerasa serem aja kalo nggak bisa ketemu dia.

"Lo itu ceritanya mau makan siang sama gue apa mau mojokin gue sih?" Rio mulai bertanya,

"Yah cuma tanya. Masa nggak boleh sih?" Aku mencoba merayu, "Please, Yo! Lo kenal nggak sama cowo yang gue maksud? Ayolah! Lo kan cowo ganteng gitu, masa gitu aja marah."

"Kalo kenal sih nggak tapi kayaknya gue tahu siapa yang lo maksud."

"Siapa Yo?" wajah gue mulai sumringah,

"Ehm, moga-moga nggak salah." Rio memulai, "Jadi dulu gue diceritain sama anak-anak kelas 12 IPS 2 kalo ada anak yang apatis gitu. Cirinya persis kayak yang lo sebutin barusan. Kalo nggak salah sih namanya Aldi, kebetulan juga nggak pernah sekelas sama gue."

"Aldi? Oh, yang katanya suka gambar itu?"

"Nah itu lo tahu!"

"Ehm. Bener nih yang suka gambar?"

"Iya! Puas? Puas belom?"

"Belom, masih laper."

Lalu gue lihat Rio nyengir, dan gue getok aja kepalanya pake sendok dan kami ketawa-ketawa lagi.
Gue nggak abis pikir kalo gue bisa makan siang bareng cowo cuma berduaan kayak gini. Rasanya gue dapet nuansa eksklusif. Tapi masih aja gue kebayang-bayang sama cowo yang nyapa gue kemaren.

Aldi.

Jadi itu nama si Mr. Hay? Setahu gue Aldi itu suka gambar, dan anaknya memang apatis banget. Bahkan dia nggak pernah kumpul bareng temen-temennya sekelas dari kelas sepuluh dulu. Dan sekarang gue baru bisa reka-reka kayak gimana mukanya.

Gue juga inget kalau tersangka Aldi itu pernah ngelihatin gue di perpus. Waktu gue duduk, waktu gue lihat-lihat buku, waktu gue make komputer dan waktu gue baca. Wah! Sialan! Dia emang lihatin gue terus. Jangan-jangan dia stalker. Tapi yang buat gue nggak ada abisnya buat mikirin dia itu adalah suaranya yang barusan aja gue denger. Gue serasa dapet nuansa eksklusif dari tuh cowo.

Karena begitu penasarannya, gue langsung ke perpus pas istirahat pertama keesokan harinya. Semoga aja gue ketemu Mr. Hay yang katanya adalah Aldi itu. Tapi dia beneran nggak ada di tempat. Gue langsung cabut ke kelas 12 IPS 2 yang katanya adalah kelasnya. Dan gue baru sadar kalo gue anak kelas 12 IPS 3 dan kenapa gue nggak tahu dia? Harusnya gue apal sama semua anak IPS.

Sesampainya di depan kelas 12 IPS 2, gue lihat di sebuah meja tergeletak jaket coklat-krem kotak-kotak yang gue rasa itu punya si Mr. Hay. Lalu gue mulai ngelihatin seisi kelas. Sepi banget, biasanya anak-anak IPS 2 suka ngumpul di kantin tapi gue emang nggak pernah lihat si Mr. Hay itu di kantin.

Gue putusin buat pergi aja. Mungkin nanti gue bakalan ketemu si Mr. Hay yang katanya punya nama Aldi itu. Ibarat barang ilang, dia nggak bakal gue temuin kalo gue cari. Gue langsung balik kanan, cepet-cepet balik ke kelas gue yang letaknya memang jauh dari kelas IPS 2. Tapi waktu gue balik, jlep! Gue berpapasan sama wajah yang nggak asing buat gue. Cowo yang biasa ngeliatin gue di perpus dan dia kelihatan pucet banget.

"Hay." Dia nyapa gue dengan senyum yang malu-malu dan suaranya bener-bener sama kayak yang kemaren. Dia bener-bener si Mr. Hay.

"Eh. Hei!" Jawab gue lalu cepet-cepet jalan, tapi dia nyegah gue.

"Amel!"

Apa? Dia tahu nama gue. Karena gue penasaran, akhirnya gue mundur dan nyamperin dia.

"Lo tahu nama gue?" Gue mulai tanya,

"Siapa sih yang nggak tahu nama lo?"

"Oh. Hehe." Gue mulai nyengir denger ucapannya yang sebenernya jawabannya adalah nyaris semua orang.

"Nama gue Aldi." Jadi dia beneran Aldi.

"I-iya. Gue Amel."

"Ini, terima aja. Buka di rumah! Jangan dibuka di sini!" Aldi menyodorkan sebuah bungkusan gepeng berukuran A4s. Apaan lagi ini cowo.

"Eh! Kenapa nggak dibuka disini aja?"

"Kalo dibuka disini entar nggak jadi surprise."

"Eh! Lo baru kenal gue kok udah ngasih surprise?"

"Entar lo tahu sendiri. Thanks ya udah sempetin kesini."

"Eh. Iya." Gue langsung ngacir dan bingung harus ngapain lagi. Aldi bener-bener udah bikin gue bingung. Belom kenal tapi udah ngasih ginian, gue mesti tanya-tanya sama anak IPS 2 lain.

Ternyata anak 12 IPS 2  nggak pernah bisa tahu siapa Aldi selain dia jago gambar dan suka menyendiri, dia tertutup banget. Nyaris satu kelasnya benci sama kelakuannya yang tertutup itu. Banyak yang bilang dia sombong lah, dia gila lah bahkan ada yang bilang dia psikopat. Tapi gue nggak percaya ada psikopat se-ganteng itu.

Iya, memang Aldi itu ganteng banget. Senyumannya yang malu-malu dan mahal itu memang manis banget. Tapi sayangnya pada benci sama dia. Kayaknya gue sendiri yang harus buka ini semua. Emang dasarnya gue itu kepo.

Sesampainya di rumah, gue buka bungkusan itu. Dan ternyata isinya adalah gambar. Gambar yang kompleks banget bahkan nyaris abstrak, gue nggak ngerti maksudnya. Tapi gambar ini bagus banget, mahakarya banget lah. Gue putusin buat tanya ke si seniman. Tapi sayang banget, selama seminggu gue nggak bisa ketemu sama Aldi. Dia nggak masuk sekolah, dan nggak ada kejelasan.

Setelah sekian lama, Aldi masuk sekolah lagi. Lalu gue tanya sama Aldi tentang gambarnya tapi dia nggak mau jelasin apapun. Dia cuma bilang kalo mendingan nggak usah diartiin, biarin gambar itu jadi gambar bukan pesan. Gue nggak tahu harus gimana. Ternyata cowo satu itu emang ngeselin. Dan kayaknya dia nyembunyiin sesuatu dari gue.

"Aldi! Please banget! Apa artinya gambar ini? Gue bingung banget. Lo tiba-tiba aja ngasih gambar ini tanpa kejelasan apapun." Gue mulai memaksa Aldi, lalu wajahnya berubah jadi pucet banget.

"Sorry Mel. Sebenernya gue suka sama lo. Ta-tapi gue nggak mungkin bisa." Jawaban Aldi yang ini bikin gue kaget.

"Apa?! A-Apa lo serius Di?",

"Ya, seperti yang lo denger barusan."

"Kenapa nggak bisa?"

"Gue nggak harus kan ngomongin semuanya?"

"Harus!" Gue memaksa,

"Sorry Mel."

"Dari kemaren lo udah bikin gue bingung, tahu nggak? Lo itu... Ah! Apa-apaan sih lo?!" Gue jengkel banget sama cowo ini. Dia dateng dan ngeribetin.

Akhirnya Aldi cuma diem. Diemnya ini beda banget. Dia memang bener-bener menyembunyikan sesuatu.

"Di?" Gue mulai mengalemkan suara gue, semoga dia jawab dengan jelas.

"Maafin gue Mel." Lalu dia pergi gitu aja tanpa jawaban yang bermutu.

Tapi gue ngerasain sesuatu yang aneh. Gue kejar dia sampe ketangkep lagi dan gue genggam tangannya erat banget.

"Aldi!" Gue teriak, gue goncang badannya. Tapi reaksi Aldi yang satu ini bikin gue merinding. Dia peluk gue.

"Maaf Mel. Gue cinta sama lo." Suaranya mulai serak,

"Itu bukan kesalahan, Di! Bukan kesalahan." Gue menepis,

"Ta-tapi lo itu punya Rio. Dan..." Aldi terlihat gelagapan,

"Apa? Kapan gue jadian sama dia? Jadi cuma itu? Terus sekarang kalo gue..." Gue membantah dan membantah, tapi selalu kepotong.

"Hay" Lagi-lagi Aldi pake senjata andalannya sambil menaruh telunjuknuya ke bibir gue, "Goodbye. Goodbye Amel." Dinamika suaranya mulai menurun dan dia ngelepas pelukannya lalu pergi.

Goodbye? Dia mau kemana? Barusan aja kita ketemu, barusan aja kita kenal. Tapi apaan ini semua? Goodbye? Keterlaluan! Aldi bener-bener keterlaluan! Gue ngerasa kalo temen-temennya itu bener banget kalo benci sama tuh anak. Emangnya dia mau kemana? Toh dia masih sekolah disini. Apaan tuh anak? Teroris?

Gue diem aja disini. Gue yang udah dibikin setengah gila sama Aldi itu cuma bisa diem. Gue pandangin gambarnya yang absrud bin ajaib itu. Gue ngerasain getaran yang aneh kalo gue terus-terus ngelihatin gambar itu. Sesuatu yang bikin gue tambah keder adalah, "Hay". Kata ajaibnya.

PLAK!!!

"Hey!" Gue celingukan, dan ternyata itu Rio.

"Bengong aja?"

"Eng-enggak lah! Uh! Ngagetin banget sih lo!"

"Hahaha... Lagian lo diem aja. Itu gambarnya Mr. Hay?"

Rio nunjuk gambarnya Aldi yang lagi gue pegang.

"Iya."

"Wuih! Udah dapet gambarnya tuh! Udah deket aja nih. Ciye!!!"

"Tapi dia aneh."

"Aneh gimana, Mel?"

Akhirnya gue ceritain kejadian yang baru aja gue alami ke Rio. Dia cuma bisa geleng-geleng kepala karena menyayangkan kelakuan Aldi yang sok misterius itu.

Setelah kejadian itu, gue nggak pernah ketemu lagi sama Aldi selama seminggu. Gue tanya ke temen sekelasnya, nggak ada yang tahu dimana dia. Gue putusin buat menyerah sampai pada suatu pagi gue denger,

"Selamat pagi warga SMA Perutusan. Hari ini kita semua berduka. Telah berpulang keluarga kita, Aldi Sanjaya dari kelas 12 IPS 2 yang akan dimakamkan besok pukul 12 siang. Semoga Tuhan mengampuni dosanya dan melancarkan jalannya ke Surga. Amin."

Suara Pak Kepala sekolah menggema diseluruh penjuru sekolah lewat speaker. Rasanya ngambang aja waktu ada nama Aldi Sanjaya disitu, apa itu Aldi? Aldi yang katanya suka dan cinta sama gue? Aldi yang bilang 'Hay' lalu 'Goodbye' dalam waktu bersamaan? Si anak apatis IPS 2, si jaket kotak-kotak, si ikal, si malu-malu? Dia meninggal? Nggak mungkin.

"Yo!" Gue memandang Rio,

"Apa?"

"Apa bener itu Aldi si Mr. Hay?" gue bertanya pelan, kayaknya air mata gue pengen meluncur aja.

"Iya Mel."

"Yang suka gambar itu Yo?"

"Iya Mel."

"Yang bilang cinta dan suka sama gue?"

"Iya Mel."

"Yang..."

"Iya dan iya Mel." Rio menggenggam tangan gue erat banget dan gue cuma diem, gue memulai suatu hal yang paling bodoh dan memalukan, nangis. Ini maksudnya Aldi bilang goodbye.

Rio yang nggak tega lihat gue nangis itu langsung lari ke kelas 12 IPS 2. Dia nyari seseorang yang katanya paling deket sama Aldi. Ternyata orang itu ada di rumah sakit tempat Aldi dirawat. Seketika gue sama Rio lari ke rumah sakit yang letaknya nggak jauh dari sekolah itu.

Sesampainya di rumah sakit, gue sama Rio ketemu Gusti. Ternyata selama ini dia adalah sahabatnya Aldi. Waktu itu Gusti cuma duduk lemas di depan kamar jenazah. Serem banget.

"Gus. Lo disini?" tanya Rio,

"Rio? Amel? Kok kalian disini?" Gusti nanya balik,

"Gue yang mau Gus." Gue jawab pertanyaan Gusti.

"Sorry Mel. Gue udah tahu semua tentang Aldi yang suka sama lo dari dulu."

"Hah? Apa Gus?"

"Ya Mel, udah dari kelas sepuluh. Tapi dia nggak mau lo tahu."

"Waktu itu gue kan sekelas sama lo?"

"Justru itu."

"Udah Mel! Sekarang kita fokus ke Aldi." Ngelihat gue yang mulai memanas, Rio mencoba mengalihkan perhatian.

Gue ngelihat Aldi. Itu beneran Aldi. Dia beneran udah nggak bernafas. Dia terbaring di ruang Jenazah, padahal beberapa hari yang lalu dia peluk gue. Gue sempet berpikir kalo dia lagi bercanda. Tapi nggak mungkin, dia udah beda banget sekarang.

Aldi sakit AIDS dari lahir akibat orang tuanya. Dia nggak salah apa-apa tapi harus sakit kayak gini. Tujuh belas tahun dia hidup bersama penyakit ini, dan hari ini adalah batas kekuatannya. Sayangnya lagi, kedua orang tuanya udah lama meninggal, dan seminggu ini dia cuma ditemenin Gusti. Gue prihatin sama hal ini.

Kesedihan ini juga bikin gue sadar kalo gue lupa sesuatu. Nggak selamanya gue out of place, gue masih lebih beruntung daripada Aldi, dan nggak selamanya gue harus merasa sepi karena ternyata ada orang yang cinta sama gue. Walaupun Aldi pergi, dia udah pernah nyatain kata cinta ke gue, nyisain gambaran perasaannya ke gue. Kata 'Hay' dari mulutnya udah ngebuka pikiran gue untuk selamanya. "Hay Aldi. Gue juga cinta sama lo." Senyum gue ini terkembang bersama dengan jatuhnya air mata gue.



(The End)



Semarang, Juni 2013
ELISABETH DYAH AYU CINTAMI WISNUGROHO

No comments:

Post a Comment

Feel free to give me your opinion :D