Thursday, January 29, 2015

Movie Review - Perfume: The Story Of A Murderer

Pemain: Ben Wishaw, Alan Rickman, Rachel Hurd-Wood, Dustin Hoffman
Sutradara: Tom Tykwer
Tahun: 2006


            Jean-Baptiste Grenouille dilahirkan dengan penciuman luar biasa yang melebihi kemampuan penciuman manusia pada umumnya. Hidungnya mampu mencium partikel bau terkecil sekalipun. Namun dibalik itu semua, ia tidak memiliki bau di tubuhnya sehingga kehadirannya tidak pernah disadari oleh siapapun bagai hantu.

            Kelahiran Grenouille sendiri tidak dikehendaki karena ia merupakan anak diluar nikah. Ibunya yang merupakan penjual ikan mencoba membunuhnya setelah ia lahir. Namun, Grenouille tetap hidup, dan justru ibunya yang tertangkap basah setelah mencoba membunuhnya dihukum gantung.

            Kota Paris yang pada saat itu merupakan kota ter-bau dan kejam itu justru menjadi surga bagi Grenouille. Tepatnya, sebagai kota yang penuh dengan bau. Tibalah saat dimana Grenouille tumbuh dewasa, ia ingin menciptakan parfum dan lama-lama keinginannya menjadi semakin gila setelah mencium wangi tubuh seorang gadis remaja. Ia ingin membuat parfum dengan esensi tubuh perawan.

            Film yang diangkat dari novel karya Patrick Süskind dengan judul yang sama ini menceritakan bagaimana seseorang yang lahir dan hidup tanpa kasih sayang dan terasingkan oleh dunia dapat menjadi sosok monster walau terselubung. Jean-Baptisete Gremouille tidak mengenal rasa kasihan, rasa takut bahkan rasa kemanusiaan. Yang dikenalnya hanyalah obsesinya terhadap parfum. Ia begitu tangguh dan dapat bertahan hidup dalam segala kondisi, namun tidak akan pernah menjadi manusia yang sewajarnya.

            Latar belakang negeri Perancis pada masa sebelum revolusi ini menimbulkan suasana yang berbeda untuk film dengan genre kriminal dan thriller seperti ini. Ben Wishaw yang merupakan pemeran Grenouille terlihat sangat mendalami perannya. Gesturnya sebagai psikopat dapat membuat penonton menganggapnya benar-benar psikopat. Ben Wishaw sendiri butuh penyesuaian cukup lama untuk mendalami perannya.


            Cerita di film ini mengandung pesan moral seperti orang yang tidak dianggap pun bisa menjadi hebat. Akan tetapi, pesan ini tertutupi dengan tingkah laku Grenouille yang aneh dan gila. Yang ditampilkan dalam film ini memang sangat susah dimengerti bagi orang yang tidak suka dengan setting tempat gelap dan kelam, serta adanya adegan-adegan yang tidak bisa ditonton dengan mudah karena terlalu dewasa ataupun tidak sesuai dengan kebudayaan di Indonesia. Akan tetapi, Perfume bisa menjadi suatu tontonan luar biasa bagi penikmat film dengan screenplay yang keras.

Reviewed by: Elisabeth Cintami :D

No comments:

Post a Comment

Feel free to give me your opinion :D